0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tangani Kebakaran Hutan, Presiden Panggil Ahli Gambut

merdeka.com

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi kebakaran hutan

Timlo.net – Sulitnya pemadaman kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan karena lahan yang terbakar adalah lahan gambut. Presiden Joko Widodo memanggil kelompok kerja gambut atau peneliti dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ke istana.

“Kita ingin tangani gambut ini. Dan banyak negara cukup berhasil dan kita harus perbaiki itu bagaimana tata kelola gambut,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Selasa (3/11).

Menurut Pratikno, presiden berharap persoalan gambut dapat dicari solusi dan memberikan dampak positif. Tata kelola gambut harus diperbaiki dan jangan sampai kebakaran lahan dan hutan terulang saban tahun.

“Gambut bukan hanya masalah kita. Banyak negara lain berhasil dan kita juga harus berhasil,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Dosen Sosiologi UGM Arie Sujito yang juga ikut pertemuan tersebut mengatakan, Presiden Jokowi minta penjelasan mengenai penanganan lahan gambut.

Menurut dia, peristiwa kebakaran lahan dan hutan ini menjadi momentum penting bagi presiden untuk tata kelola lahan gambut.

“Akan memberi masukan soal strategis. Presiden perlu memanfaatkan momentum memimpin menangani kebakaran hutan dan rusaknya lahan,” tandasnya.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge