0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Api Belum Padam, 25 Hektar Hutan Merapi Terbakar

dok.timlo.net/nanin
Terhalang kabut, titik api di Gunung Merapi tidak terlihat (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Hingga hari ketiga, ratusan relawan dan petugas masih berusaha memadamkan api yang membakar Kawasan Hutan Lindung Gunung Merapi. BPBD Jateng memprediksi lahan hutan yang terbakar mencapai 25 hektar.

“Kita upayakan dalam waktu empat hingga lima hari ke depan, api sudah bisa dipadamkan,” kata Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana, Selasa (3/11).

Untuk mempercepat pemadaman, pihaknya sudah menginstruksikan BPBD Boyolali dan Klaten, menurunkan tim untuk memadamkan api. Sementara itu, pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa logistik, sepatu boot, masker dan alat komunikasi untuk memudahkan pemadaman.

“Semakin banyak relawan, api bisa cepat dipadamkan,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Staf Pengendali Ekosistem BTNGM Resort Selo, Boyolali, Wahid Hadi Wibowo, dari enam titik api yang muncul di Kawasan Hutan Lindung Gunung Merapi saat ini tinggal satu titik api yang belum berhasil dipadamkan. Titik api yang berada di Bakalan,Jrakah, Selo, merupakan sisa kebakaran kemarin.

“Masih ada satu titik api yang bisa dipadamkan,kemarin karena kabut tebal,akhirnya kita tinggal turun ke bawah,” ungkap Wahid.

Kebakaran hutan Merapi yang terjadi sejak Minggu (1/11) melalap sejumlah vegetasi seperti semak belukar, pohon akasia atau soga, puspa cemoro gunung, dan tanaman milik warga.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge