0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Restu Kristianti Gawangi Hotel di Usia Belia

foto: David

Restu Kristiani

Timlo.net – Di usianya yang baru 28 tahun, Restu Kristianti memimpin hotel bintang dua, Red Planet Hotel. Menjadi Hotel Manager (HM) di usia belia menjadi tantangan tersendiri bagi Restu.

Tantangan itu semakin di­uji de­ngan persaingan hotel di Solo yang begitu ketat. Apalagi, okupansi hotel di Solo saat ini masih belum sesuai harapan para pelaku hotel.

“Okupansi low. Butuh gebrakan untuk membuat event yang menarik. Persaiangan ketat juga mengingat hotel di Solo banyak,” kata Restu saat menerima TimloMagz, baru-baru ini.

Sebagai HM, Restu mengaku memiliki prinsip kerja yang sebenarnya simpel. Yakni bagaimana membuat tamu senang, stafnya senang dan bos juga senang. Namun, untuk mewujudkan hal simpel itu, Restu harus memutar keras otaknya agar menjadi kenyataan.

Sebagai pimpinan yang berusia muda, Restu juga harus bisa berkomunikasi dengan bawahannya yang usianya ba­nyak lebih tua dari dirinya. Hal itu menjadi tantangan tersendiri.

“Tantangan dimana aku harus memim­pin dengan karyawan yang umurnya lebih tua. Komunikasi betul­-betul pengaruh,” ujar perempuan yang masih single ini.

Bagi Restu, bisnis perhotelan memang bukan hal asing. Semenjak lulus kuliah, delapan tahun lalu, Restu memu­lai karirnya di perhotelan. Hal itu tidak lepas dari jurusan yang ia ambil sewaktu kuliah yakni perhotelan di International Hotel Management School Solo (IHS).

“Kerja di hotel itu benar-benar fun, sometimes banyak pressure (tekanan). Kenal banyak orang dan kerjanya nggak saklek ba­nget,” kata Restu.

Restu mengawali karirnya sebagai resepsionis di salah satu hotel di Solo. Setelah bekerja selama hampir tiga tahun, dara kelahiran 24 Agustus 1987 ini kemudian dipindah ke Semarang.

Satu setengah tahun di Semarang, Restu kemudian kembali di Solo. Namun, ia sempat bekerja di sebuah bank, selama satu bulan.

“Hanya satu bulan, karena aku nggak bisa dapat feelnya. Aku sudah nyoba enjoy, tetapi aku tetep nggak bisa,” ungkap dia.

Kecintaan pada hotel akhirnya membuat Restu kembali kerja ke hotel. Ia kembali lagi bekerja di bagian penjualan salah satu hotel di Solo selama dua tahun.

Setelah itu, putri pasangan Agus Subagyo – Sumini ini masuk ke Red Planet sebagai Asisten HM. Setengah tahun sebagai Asisten HM, Restu yang hobi berenang ini kemudian dipercaya sebagai HM hingga sekarang.

Berbagai posisi yang ia lakoni memberinya pengalaman tentang bagaimana mengelola hotel. Berbagai pengalaman itu menjadi bekal bagi Restu memimpin Red Planet. Ia pun puas lantaran obsesinya tahun ini menjadi HM kesampaian.

“Tahun depan atau dua tahun lagi, aku ini kembali ke hotel bintang 4 atau 5, sebagai GM pastinya, itu goal mendatang,” ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge