0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Tetap Bangun Gedung Parkir di Kota Barat

Ini lahan di kompleks Lapangan Kota Barat yang bakal dibangun Gedung Parkir (dok.timlo.net/daryono)

Solo —¬†Meski tidak sesuai peruntukannya dengan Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Pemkot Solo melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) tetap berencana membangun gedung parkir di Lapangan Kota Barat dan Sriwedari.

“Tetap, tetep di situ (Lapangan Kota Barat dan Sriwedari). Namanya membangun transportasi itu didahulukan,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedarajat kepada wartawan, Selasa (3/11).

Menurut Herman, dinas terkait seperti Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) seharusnya tidak secara serta merta mengatakan rencana pembangunan gedung parkir menyalahi Perda. Hal ini mengingat perkembangan kota bergerak dinamis dengan cepat.

“Jangan sampai, woo itu melanggar. Tidak. (Perda) harus kita rubah, kita kaji bersama. Bappeda dan DTRK jangan bilang salah, tetapi harus mereview kembali tata letak itu,” ujarnya.

Penataan transportasi, lanjut dia, harus dilakukan dengan cepat. Jika tidak cepat bergerak, penataan transportasi akan kalah dengan kota-kota lainnya. Saat ini, Dishubkominfo fokus pada penyiapan Detail Enginering Design (DED) gedung parkir sebagai bagian masterplan penataan transportasi.

“Kapan dilaksanakan belum. Nanti kita serahkan ke kebijakan. Ini nyiapkan DED dulu,” katanya.

Disinggung usulan gedung parkir dibangun di pinggir kota seperti yang diatur dalam Perda RTRW, Herman tidak sependapat. Dari kajian yang dilakukan, gedung parkir di pinggir kota tidak efektif.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge