0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bulan Bahasa, IAIN Surakarta Ajak Mahasiswa Menulis

dok.timlo.net/tyo eka
Seminar Nasional dalam rangka bulan Bahasa, di Kampus IAIN Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBI) bekerjasama dengan Unit Kegiatan Fakultas (UKF) Fordista Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam negeri ( IAIN) Surakarta menggelar Seminar Nasional dalam rangka bulan Bahasa, di Kampus IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo.

“Tema Bulan Bahasa dan Budaya Literasi untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi,” jelas Koordinator Jurusan TBI, Dr Siti Isnaniah MPd kepada wartawan, Selasa (3/11).

Ia mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk memotivasi mahasiswa IAIN Surakarta, khususnya mahasiswa TBI supaya mencintai bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia dan meningkatkan budaya literasi. Dalam hal ini mahasiswa dianjurkan untuk menulis baik karya ilmiah atau karya populer. Kedepannya nanti dalam meningkatkan skill  dalam berliterasi diharapkan mahasiswa dapat bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa bidang kepenulisan dan keilmiahan atau komunitas-komunitas kepenulisan seperti Forum Lingkar Pena (FLP).

Seminar Nasional Bulan Bahasa menghadirkan beberapa narasumber yakni Dr Muhammad Rohmadi MHum, Dosen FKIP Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah UNS, dan  Achmad Fahmi Basyiban SS, Ketua Masyarakat Ilmuwan & Teknologi Indonesia Klusster Mahasiswa (MITI KM) dan peraih  Best International Group Perfomance Festival of Color the World 2011, Paper presentation AISC-Taiwan 2013.

Sementara itu, M Rohmadi berharap mahasiswa lebih mencintai dan bangga dengan Bahasa Indonesia. “Apalagi di tengah era modern saat ini Bahasa Indonesia sudah mengalami transisi. Begitu banyak bermunculan bahasa-bahasa gaul atau bahasa daerah. Mahasiswa juga diharapkan untuk aktif menulis di media massa,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge