0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kosmetik Ilegal Masih Beredar Bebas di Pasar Tradisional

timlo.net/putra kurniawan

Contoh produk kosmetik tanpa ijin edar

Sukoharjo — Tim pengawasan barang dan jasa menemukan belasan kosmetik ilegal beredar luas di sejumlah pasar tradisional. Produk kosmetik ini diedarkan dengan modus mencampur produk resmi dengan produk ilegal oleh seorang sales.

“Kita temukan di enam toko obat dan toko kelontong di Pasar Cuplik Sukoharjo, kalau dilihat secara kasat mata tidak nampak perbedaannya dengan produk asli, hanya saja untuk kosmetik ilegal tidak ada ijin edarnya,” kata Kabid Perdagangan Disperindag Sukoharjo, Bambang Sri Setyono, Senin (2/11).

Mayoritas produk kosmetik yang ditemukan tim pengawasan barang dan jasa berupa krim pemutih dan obat anti jerawat. Kepada petugas, pedagang mengaku tidak tahu produk kosmetik yang mereka jual termasuk barang ilegal atau tidak ada ijin edarnya.

Produk kosmetik tidak berijin edar ini dipasok oleh sales yang datang dua hingga tiga pekan sekali menjual produk kecantikan kepada pedagang kelontong. Sedangkan di toko modern, petugas tidak menemukan produk kosmetik ilegal meskipun masih dalam satu wilayah.

“Pedagang kelontong dan pasar tradisional kalau dari gambaran kita, menjadi sasaran produk ilegal ini, jadi kita minta agar lebih berhati-hati dan selektif menerima barang dari seles,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge