0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Herman Optimis Terminal Tirtonadi Tak Diambilalih Pusat

timlo.net/setyo pujis

Yosca Herman Soedrajad

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo meyakini pemerintah pusat tidak akan melakukan pengambilalihan pengelolaan Terminal Tirtonadi. Hal ini lantaran pengelolaan Terminal Tirtonadi oleh Dishubkominfo Solo selama ini dirasa sudah tepat.

“Apa yang disampaikan Pak Menteri Perhubungan itu bahasa normatif. Di kota lain, pengelolaan terminal kan salah. Di Solo sudah benar. Jadi, dimungkinkan (terminal) Solo dikelola sendiri,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada Timlo.net, Senin (2/11).

Diberitakan sebelumnya, dalam kunjungannya di Solo, Sabtu (31/10) lalu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pemerintah akan mengambil alih semua pengelolaan terminal tipe A, termasuk Terminal Tirtonadi. Pengambilalihan dilakukan maksimal akhir 2016.

Pengelolaan yang tepat itu, ungkap Herman, seperti langkah Dishubkominfo Solo yang tetap mempertahankan lokasi Terminal Tirtonadi di tengah kota. Padahal, banyak terminal di kota lain yang dipindah ke pinggir kota seperti yang terjadi di Yogyakarta. Rata-rata terminal yang dipindah ke luar kota itu sekarang justru sepi.

Lantaran sudah mengelola terminal dengan tepat, Herman optimis pemerintah pusat tidak akan mengambilalih pengelolaan Terminal Tirtonadi. Terlebih, surat Dishubkominfo kepada Kementrian Perhubungan yang disampaikan dua bulan lalu belum mendapat jawaban.

“Intinya surat itu, kita minta Terminal Tirtonadi agar bisa dikelola Pemkot Solo. Surat itu belum dijawab. Saya yakni jawabannya boleh. Nanti diambil pusat dan diserahkan kembali ke daerah,” ujar dia.

Keyakinan itu ditambah dengan turunnya surat Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang sudah mengijinkan Pemkot melanjutkan pengelolaan terminal.

“Surat Dirjen itu jawaban atas surat kita yang pertama. Tetapi biar lebih kuat kita susuli surat kedua kepada Menteri. Kita optimis tidak akan diambil karena yang kita lakukan sudah betul,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge