0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

ISI Surakarta Akan Gelar Hari Wayang Dunia 2015

timlo.net/eko prasetyo

Rektor ISI Surakarta, Prof Dr Sri Rochana Widyastutieningrum

Solo — Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta akan menggelar penyambutan Hari Wayang Dunia 2015 tanggal 7 – 8 Nopember 2015 mendatang, di Solo.

“Berlangsung di Kampus ISI Surakarta dan kawasan jalan Slamet Riyadi Solo,” jelas Rektor ISI Surakarta, Prof Dr Sri Rochana Widyastutieningrum, dalam keterangan pers, di Kampus ISI Surakarta, Senin (2/11).

Rochana mengatakan, kekuatan wayang telah dijadikan salah satu master piece budaya dunia oleh UNESCO, yang ditetapkan pada tanggal 7 Nopember 2003. Oleh karena itu, serangkaian kegiatan berkaitan dengan wayang diberi nama Hari Wayang Dunia. Tahun ini mengetengahkan tema Strategi Revolusi Mental Bangsa Melalui Apresiasi Wayang Indonesia, dengan slogan Wayangku Jiwaku.

Kegiatan Hari Wayang Dunia bertujuan, lanjut dia, antara lain, untuk memperingati tanggal ditetapkannya wayang Indonesia sebagai warisan budaya yang telah diakui oleh dunia. Dan memberikan apresiasi kepada masyarakat tentang berbagai ragam seni pertunjukan dan seni rupa wayang yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Selain itu, lanjutnya, untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai kehidupan yang tersirat dalam seni pewayangan. Serta untuk menumbuhkan pemikiran kritis para dalang, budayawan dan pemerhati wayang terhadap lakon wayang.

Kegiatan Hari Wayang Dunia 2015 kali ini meliputi, Parade Wayang yang akan mengusung wayang tokoh Semar berukuran raksasa dari Laji Gandrung – Balaikota berakhir Kampus ISI Surakarta, Pameran Wayang dan Pergelaran Wayang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge