0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

300 Sertifikat Tanah Prona Dibagikan di Klaten

dok.timlo.net/aditya wijaya
300 sertifikat Prona dibagikan di Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —  Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten menyerahkan 300 sertifikat tanah program nasional (Prona) 2015 bagi warga Desa Gemblegan dan Jogosetran, Kecamatan Kalikotes. Penyerahan secara simbolis dilakukan Wakil Bupati Klaten Sri Hartini, Senin (2/11) di Balai Desa Gemblegan.

“Tahun ini kami mendapat alokasi pensertifikatan tanah Prona sebanyak 1000 bidang kepada lima kecamatan di Klaten yang telah selesai dilaksanakan,” kata Kepala Kantor Pertanahan Klaten Cahyono, Senin (2/11).

Dijelaskan, kelima kecamatan itu antara lain, Ngawen, Prambanan, Bayat, Karangdawa dan Kalikotes. Dari jumlah seribu bidang itu, sertifikat Prona terbanyak berasal dari Kecamatan Kalikotes.

Pihaknya saat ini terus berupaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat, salah satunya dengan sistim Permadani. Sebuah pelayanan khusus diperuntukkan bagi masyarakat yang mengurus sertifikat sendiri secara langsung, tanpa perantara orang lain.

“Selain itu, kami juga memberikan pelayanan selama enam minggu di sela-sela acara Car Free Day. Dan ternyata mendapat tanggapan positif dari masyarakat, karena ada sekitar 25 warga yang mengurus sertifikat atau kepentingan lain terkait tugas kantor pertanahan selama Car Free Day,” ucap Cahyono.

Sementara itu, Wakil Bupati Klaten Sri Hartini mengatakan, tanah menjadi daya penciptaan alam tidak tak terbatas. Mengingat jumlah yang tidak bertambah menjadikan nilai tanah tidak mengenal menurun, justru seiring waktu nilai tanah akan meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk, tak terkecuali di Klaten.

“Berdasar latar belakang tersebut, tugas pemerintah sebagai perpanjangan tangan negara hadir menegakkan aturan demi memberi kepastian hukum dan jaminan kepemilikan tanah bagi rakyat “ kata Sri Hartini dalam sambutannya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge