0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo

Selesai Dicetak, Surat Suara Dijaga Ketat Polisi

Komisioner KPU Solo Suryo Baruno mengecek tumpukan kardus berisi surat suara (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Sebanyak 410.406 surat suara pemilihan walikota dan wakil walikota Solo sudah selesai cetak dan siap di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo. Surat suara itu tinggal menunggu proses sortir dan pelipatan.

“Proses pencetakan lebih cepat dari yang diperkirakan,” kata Komisioner Divisi Logistik KPU Solo, Suryo Baruno kepada wartawan, Senin (2/11).

Jumlah surat suara yang dicetak, lanjut Suryo, sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dengan 2,5 persen per Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu, masih ada tambahan 2.000 surat suara cadangan untuk pemilihan ulang. Surat suara dicetak dengan biaya Rp 200 per lembar.

“Paling cepat, besok sudah mulai sortir dan pelipatan dengan melibatkan masyarakat yang dikoordinir PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Pelipatan dilakukan di gudang KPU,” ujarnya.

Untuk memastikan keamanan, surat suara yang dipak dalam 43 kardus itu saat ini sudah mendapat penjagaan enam personel kepolisian setiap hari.

Rampungnya proses pencetakan surat suara menambah kesiapan seluruh logistik untuk Pilkada, 9 Desember. Logistik lainnya seperti sampul, formulir, ATK, bilik dan kotak suara sudah siap. Tinggal tinta dan template yang saat ini masih menunggu proses pengadaan.

“Akhir November logistik sudah selesai semua. Maksimal H-3 sudah kita distribusikan,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge