0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Muncul 4 Titik Api Baru di Merapi, Tim Gabungan Dikerahkan

dok.timlo.net/nanin
Tim Gabungan siap diberangkatan untuk emmadamkan api di hutan Gunungf Merapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Empat titik api baru pagi ini terlihat lokasi kebakaran Gunung Merapi, tepatnya sebelah barat Pos I atau di Dusun Malangan, Desa Lencoh, Selo, Boyolali. Upaya pemadaman terus dilakukan petugas gabungan di bawah koordinasi Balai Taman Nasional Gunung Merapi Resort Selo.  Setidaknya ada 40 petugas gabungan yang terdiri dari relawan Barameru, TNI, Polri dan BTNG Merapi yang diberangkatkan ke titik api untuk melakukan pemadaman.

“Petugas langsung menuju ke titik api melalui jalur pendakian Selo,” ungkap Kepala Resort Selo BTNG Merapi, Suwigya, Senin (2/11).

Dijelaskan, empat titik api tersebut lokasinya masih berdekatan dengan lokasi kebakaran kemarin berada di Dusun Malangan, Desa Lencoh, Selo. Angin yang kencang membuat api terus membesar dan merembet ke lokasi lain. Sementara vegetasi yang terbakar berupa akasia dan alang-alang. Sebelumnya api muncul di wilayah Dusun Sepi, Desa Lencoh, Selo.

 “Untuk luasan lahan  yang terbakar untuk saat ini belum kita ketahui,” tambahnya.

Mujiyanto, anggota Jalin Merapi, mengungkapkan, titik api masih jauh dari pemukiman penduduk. Terkait pipa air, menurut Muji, di lokasi kebakaran tidak ada pipa-pipa air milik warga. Pasalnya, selama ini warga lebih banyak mengambil air dari sumber di Lereng Gunung Merbabu.

“Kalau saat ini, justru kawanan kera mulai turun, ini yang dikhwatirkan penduduk,” ujar Muji.

 Pasalnya, warga khawatir kawanan kera ini akan menyerang tanaman di ladang-ladang penduduk.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge