0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

48 Ribu Pohon Siap Ditanam di Lereng Lawu

timlo.net/nanang rahadian

Penyiapan bibit untuk reboisasi

Karanganyar — Mengembalikan vegetasi yang terbakar pada kebakaran hutan gunung Lawu, Pemerintah Kecamatan Karangpandan, beserta sejumlah kelompok tani berencana menanam sebanyak 48 ribu pohon.

“Bibit sudah kita siapkan, sebanyak 48 ribu bibit pohon nanti bakal kita tanam di lereng gunung Lawu, yang terkena kebakaran,” kata Camat Karangpandan Aji Pratama Heru Kristianto saat ditemui wartawan, Sabtu (31/10).

Dari 48 ribu bibit tersebut diantaranya yakni diantaranya pohon ringin, pohon bulu, dan pohon preh. Beberapa pohon tersebut, sengaja disiapkan lantaran, diyakini dapat bertahan lama hingga bertahun – tahun dan dan dapat menyimpan kandungan air yang cukup banyak. Sehingga dapat mencegah terjadinya longsor (erosi).

“Kita sudah siapkan bibitnya sudah di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karangpandan,” kata Heru.

Direncanakan awal tahun 2016 ini atau nanti saat musim hujan sudah turun, semua bibit akan ditanam ke lereng Lawu

“Kita nanti akan kerjasama dengan relawan untuk penanamannya,” kata mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar tersebut.

Disisi lain, Kepala Balai Penyuluh Kecamatan (BPK) Karangpandan, Giyatno menuturkan, bahwa gerakan untuk menanam tersebut adalah inisiatif dari sejumlah para petani dan warga serta jajaran Muspika Karangpandan, yang prihatin dengan adanya kebakaran tersebut. Menurutnya kebakaran tersebut juga berimbas pada pertanian di Karangpandan. Pasalnya seluruh air irigasi berasal dari gunung Lawu yang otomatis akan berkurang karena sejumlah pohon besar juga ikut terbakar.

“Visinya itu, karena gunung Lawu kita anggap sebagai Gentong air bagi pertanian Karanganyar, dan misinya yakni menanam. Dan kita harapkan, nanti kecamatan lain juga akan mengikutinya,” kata Giyatno.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge