0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasional N219 Nunggu Sertifikasi Layak Terbang

foto: Heru

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, dalam kunjungannya di Terminal Tirtonadi

Solo – Rencana PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk uji coba peluncuran pesawat N219 pada bulan November mendatang mendapat peringatan dari Kementerian Pehubungan (Kemenhub). Sebab, uji coba tersebut belum mengantongi sertifikasi layak terbang dari Kemenhub.

“Saya akan mengupayakan sertifikasi baik dari kementerian perhubungan maupun sertifikasi internasional, namun kalau belum ada sertifikasi, jangan diujicoba dulu,” ungkap Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, dalam kunjungannya di Terminal Tirtonadi, Sabtu (31/10).

Mantan Dirut PT KAI tersebut mengungkapkan, pihaknya tidak mau bermain-main dengan keselamatan penumpang. Karena itu dirinya tidak akan memberikan toleransi dan kemudahan untuk pencapaian sertifikasi. Namun dirinya menjanjikan akan melakukan sertifikasi sesuai standar keselamatan.

Dijelaskan, uji layak terbang ini akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo, untuk memberikan pengertian pentingnya sertifikasi layak terbang sebelum benar-benar diujikan.

“Ini kan permasalahan keselamatan, tentunya kita tidak boleh main-main,” tegasnya.

Sebelumnya, proyek pengembangan pesawat senilai Rp 500 Miliar ini akan diujicobakan pada November 2015. Pesawat ini dilengkapi dengan teknologi paling terbaru. Rencananya pesawat ini akan dioperasikan di Indonesia bagian timur.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge