0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semua Terminal Tipe A Diambil Alih Pusat

foto: Heru

Ignasius Jonan

Solo – Pemerintah pusat akan mengambil alih semua pengelolaan terminal tipe A di seluruh Indonesia. Tak terkecuali pengelolaan terminal Tirtonadi Solo. Hal ini dilakukan guna melengkapi fasilitas dan sarana prasarana yang ada di kawasan terminal.

“Paling lambat nanti akhir tahun 2016 sudah kita laksanakan,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan, Sabtu (31/10).

Jonan mengatakan pengalihan ini merupakan upaya untuk memperbaiki manajemen terminal. Lantaran banyak terminal bus yang ada di beberapa daerah mangkrak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

“Di Solo ini masih lumayan baik, di daerah banyak yang mati dan tidak terurus. Karenanya ya dikembalikan saja ke pemerintah pusat. Kalau ada yang tanya pegawainya bagaimana, ya kita ambil.” paparnya.

Mantan Dirut PT KAI tersebut merinci, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk mengelola keberadaan terminal tipe A untuk meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD). Namun hal itu hanya dilakukan hingga akhir tahun 2016.

Dirinya menambahkan, khusus untuk Terminal Tirtonadi dia mengatakan akan melakukan pembangunan hingga selesai. Pembangunan itu termasuk juga jalur integrasi yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Balapan Solo.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Sudradjad mengaku telah mengirimkan surat kepada Kemenhub untuk melakukan pengelolaan terhadap Terminal Tirtonadi. Dia mengatakan Pemerintah Kota diaggap mampu untuk melakukan pengelolaan sendiri. PAD yang dihasilkan dari Terminal Tirtonadi, kata Yosca mencapai Rp 5 Miliar pertahun.

“Kami sudah melayangkan surat pada awal 2015 kemarin, tetapi belum ada jawaban. Keputusannya nunggu Pak Menteri,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge