0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berseragam Dinas, Polisi Klaten Mendalang Semalam Suntuk

dok.timlo.net/aditya wijaya
Dalang Iptu Tri Harni Sugondo (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kepolisian Resor Klaten menggelar pementasan wayang kulit semalam suntuk di halaman komplek RSPD Klaten, Jumat (30/10) malam. Uniknya, yang menjadi dalang adalah anggota Polres Klaten itu sendiri.

“Dalangnya Iptu Tri Harni Sugondo yang merupakan Kanit Sat Binmas Polres Klaten,” sebut Kasubag Humas Polres Klaten AKP Sugeng Handoko, Jumat (30/10).

Pementasan itu mengambil lakon ‘Hasto Brata’ yang artinya wejangan. Selain memberikan hiburan dan melestarikan kesenian, tujuannya pagelaran wayang untuk menyampaikan pesan terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Kabupaten Klaten.

Sementara itu, Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo menyampaikan, keluarga besar Polres Klaten ingin membaur dengan masyarakat serta menjalin silahturahmi bersama Muspida, tokoh agama, tokoh masyarakat, club motor, dan dalang se-Klaten.

“Melalui pementasan ini kami ingin mengingatkan masyarakat arti pentingnya persatuan dan kesatuan, kemudian bersama-sama melestarikan nilai-nilai tradisional budaya wayang kulit yang memiliki nilai adat dan norma sosial yang mungkin mulai tergerus oleh perkembangan zaman, ” ujar AKBP Langgeng.

Hal serupa juga disampaikan Bupati Klaten Sunarna. Ditambahkannya, tokoh masyarakat dan tokoh agama harus menyatukan visi dan visi yang sama bersama Polri demi mewujudkan keharmonisan bermasyarakat serta memperkuat keutuhan bangsa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge