0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hebat, Sineas Wonogiri ini Sabet Juara Pertama Festival Film Dokumenter

timlo.net/tarmuji

Faiz dan rekan saat memamerkan piagamnya

Wonogiri – Lima anak muda asal Wonogiri berhasil meraih juara pertama dalam ajang Festival Film Dokumenter 2015 yang digelar Disbudparpora Propinsi Jawa Tengah. Bermodal nekat, tanpa dukungan Pemkab Wonogiri, akhirnya mereka bisa menjadi yang terbaik.

Mereka adalah Faiz Zaharudin Luthfi (23), Puce Inggal Hatmandanu (25), Bagus Adi Santoso (25), Aris Kurniawan (25), Reza Ginandha Sakti (25), dan Hanto Sulistyo (25). Kelimanya tergabung dalam sebuah kelompok yang diberi nama Yours Movie. Sebelum membuat film dokumenter ini, mereka sama-sama penggemar fotografi.

Bermodal pas-pasan, pemuda asli Wonogiri ini nekat mengikuti ajang Festival Film Dokumenter 2015, yang diselenggarakan oleh Disbudparpora Provinsi Jawa Tengah.

”Sekitar satu jutaan biayanya. Anggaran lain cuma untuk akomodasi dan konsumsi saja selama proses produksi,” ujar salah satu pentolan Yours Movie, Faiz Zaharudin Luthfi (23), Jumat (30/10).

Faiz mengaku, biaya sebesar itu mereka urunan. Sementara untuk peralatan shooting, seperti kamera, lampu, dan komputer, sudah dimiliki sebelumnya. Praktis, biaya sewa perlengkapan dan peralatan shooting dapat ditekan.

Menurutnya, film karya mereka digarap selama enam hari. Satu hari digunakan untuk riset, dua hari untuk pengambilan gambar. Tiga hari digunakan untuk editing dan persiapan pengiriman.

“Filmnya kami beri judul Melu Handarbeni,” tandasnya.

Pada film tersebut, mereka mengangkat sejarah seni tatah sungging di Desa Kepuhsaari Kecamatan Manyaran. Isinya tentang sejarah seni tatah sungging hingga geliat di pasaran.

Kerja keras anak-anak muda asli Wonogiri ini berhasil menyisihkan 70 peserta lainnya dari berbagai wilayah di Jateng. Hebatnya lagi, mereka juga mendapatkan predikat sutradara terbaik dan kameramen terbaik.

”Saat produksi, kami harus lembur sampai pagi. Tapi kami bangga memperkenalkan pesona Wonbogiri dari sisi lain,” paparnya bangga.

Meski tanpa seponsor dari pihak manapun, dia bersama empat rekannya meraih posisi terbaik. Dia berharap, dimasa mendatang pemerintah daerah setempat dapat memfasilitasi para pemuda.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge