0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pusaka Museum Radya Pustaka Dikirab

timlo.net/heru murdhani

Kirab pusaka Museum Radya Pustaka

Solo – Komite Museum Radya Pustaka menggelar kirab ageng, Kamis (29/10). Kirab diikuti sejumlah seniman dan budayawan Kota Bengawan, serta beberapa komunitas pemuda. Kirab yang digelar setiap tanggal 15 bulan Suro tahun jawa ini, merupakan tanda pertengahan peringatan Suro Bulan Kebudayaan yang digelar di Museum tersebut.

“Kirab ini tiap tahun kita lakukan, diikuti oleh 200 orang dari berbagai elemen,” ungkap anggota Komite Museum Radya Pustaka, ST Wiyono.

Dalam kirab tersebut, beberapa pusaka berbentuk tombak, setelah sebelumnya dilakukan upacara jamasan (penyucian) pusaka. Beberapa pusaka yang dikirab diantaranya adalah Kyai Pancasula, Kyai Wibawa, Kyai Waskita, Kyai Wicaksana, Kyai Wiguna, dan Kyai Waspada. Selain pusaka, turut dikirap replika kepala Rajamala.

“Kyai Pancasula diarak paling depan sebagai cucuk lampah, koleksi ini merupakan pusaka tertua yakni sejak jaman Keraton Mataram,” imbuhnya.

Kirab ini dilakukan selain untuk melestarikan benda-benda cagar budaya, juga sebagai medium untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya museum.

“Museum ini selain sebagai tempat wisata, juga tempat belajar dan sumber ilmu, di museum Radya Pustaka terdapat berbagai kitab-kitab kuno yang bisa dipelajari untuk kehidupan yang lebih baik,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge