0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Desa di Kecamatan Karanggede Alami Krisis Pangan

timlo.net/nanin

Gagal panen akibat musim kemarau

Boyolali — Dua desa, Klumpit dan Pinggir, Kecamatan Karanggede, Boyolali, mengalami krisis pangan akibat gagal panen. Krisis pangan ini menimpa 57 kepala keluarga di dua desa tersebut dan saat ini sudah mengajukan bantuan pangan ke Pemkab Boyolali.

“Bantuan sudah kita kirimkan,” kata Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan, Sugita, Kamis (29/10).

Dijelaskan, untuk luasan tanaman padi di Desa Klumpit yang mengalami gagal panen seluas 10 hektar yang tersebar di 27 dukuh dengan kerugian Rp 138,2 Juta. Sedangkan di Desa Pinggir seluas 6 hektar di 30 dukuh dengan nilai kerugian sekitar Rp 82,920 Juta. Total jumlah kerugian akibat gagal panen di dua desa sebesar Rp 221,120 juta.

“Dua desa tersebut memang masuk dalam daerah rawan pangan,” tambahnya.

Bantuan yang diberikan di dua desa tersebut, berupa gabah kering giling sebanyak 1,7 ton untuk 57 kepala keluarga. Dengn rincian 8 kwintal untuk Desa Klumpit dan 9 Kwintal untuk Desa Pinggir. Bantuan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan pangan warga selama 15 hari. Sedangkan pemberian bantuan harus mendapat persetujuan Bupati dan diketahui Camat serta Kantor Ketahanan Pangan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge