0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2016, Kalender Even Solo Susut 50 Persen

dok.timlo.net/achmad khalik
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Eny Tyasni Suzana (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Jumlah kalender even tahun depan dipangkas hingga 50 persen lebih. Dari 50 even, jumlah even yang disetujui tahun depan tinggal 20-an even.

“(Kalender even tahun depan) Lebih sedikit karena support anggarannya juga sedikit. Kita turun sekitar Rp 5 Miliar. Jumlah evennya juga berkurang. Tahun ini lebih dari 50 yang disuprot APBD, sekarang (untuk 2016) tinggal 20-an. Even-even yang kecil kita kurangi. Yang gede kita buat dua tahunan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Eny Tyasni Suzana, kepada wartawan, Kamis (29/10) di gedung dewan.

Pemangkasan even, lanjut Eny, berdasarkan hasil evaluasi Disbudpar. Dengan pengurangan even, Disbudpar memberi ruang pelaksana even untuk membuat even lebih kreatif. Tidak sama setiap tahunnya. Selain itu, pemangkasan juga dilakukan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) lantaran keterbatasan APBD.

“Suprot APBD berkurang menyeluruh. Hampir di semua SKPD. Jadi tidak hanya Disbudpar,” ujar dia.

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Reny Widyawati mengatakan, pemangkasan kalender even 2016 hingga 50 persen. Pemangkasan lantaran sebagian even hanya bersifat perulangan dan tidak mendatangkan wisatawan.

“Kecenderungannya, hanya pengulangan. Makanya kita kurangi. Seperti festival gethek kita coret karena seperti-seperti itu terus,” ujar dia.

Reny menambahkan, even yang tetap dipertahankan antara lain Haul Habib Ali Al Habsyi, Solo Carnival, Festival Dolanan Bocah, Bakdan ing Solo, Solo City Jazz, Bamboo Binale. Kemudian Festival Film Dokumenter, Kroncong Festival, Solo Menari, Festival Kuliner, Solo Batik Carnival, Solo Batik Fashion, Festval Gamelan Akbar, Solo International Performing Art, Festival Hadrah, Malam Satu Suro, Festival Payung, Pemilihan Putra Putri Solo dan Festival Jenang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge