0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Komunikasi Presiden Dinilai Tak Maksimal Jalankan Tupoksi

merdeka.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara

Timlo.net – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS) di tengah bencana asap dan keputusan untuk mempercepat lawatannya dinilai secara substansi tidak diterima sebagian besar rakyat Indonesia. Tim Komunikasi Presiden dinilai tak maksimal dalam menjalankan tupoksinya.

“Ini sebenarnya kewajiban tim komunikasi presiden, jujur menurut saya tak optimal sehingga yang muncul informasi-informasi yang teknis, bukan substansinya,” kata Direktur Lingkar Madani Ray Rangkuti, Kamis (29/10).

Ray mencontohkan, justru yang menjadi perdebatan ke muka publik terkait kunjungan Jokowi ke AS adalah ketika Jokowi turun dari pesawat, terdapat tong sampah di samping pesawat yang kemudian diketahui sebagai alat pemadam kebakaran.

“Turun dari pesawat di belakang ada tong sampah. Menurut saya tak sehat untuk diperdebatkan bagi republik ini. Menurut saya pekerjaan tim komunikasi presiden, bukan teknis penerimaan presiden di AS. Apakah kegiatan presiden ke AS tercapai atau tidak, publik kan ingin tahu,” jelas Ray.

“Sebab, sampai sekarang kita tak terlalu dengar apa sebetulnya dibuat presiden soal kabut asap ini. Apa kendala utama yang dialami presiden sehingga tak optimal atau ada alasan lain,” sambungnya.

Oleh karena itu, lanjut Ray, tim komunikasi presiden diharapkan lebih optimal dalam menjalankan tugasnya. Apalagi, Presiden Jokowi tak bisa menjelaskan semua persoalan ke muka publik.

“Jangan presiden yang jawab segala persoalan, banyak rumor yang butuh penjelasan. Pak Jokowi memang orang yang tak terlalu ribet dengan seremonial. Publik bertanya-tanya mengapa nama-nama perusahaan pembakar lahan dan hutan tak dibuka secara jelas,” tegasnya.

[ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge