0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelaku Bom Alam Sutera ‘Jadi serigala sendiri’

merdeka.com

pengeboman Mall @ Alam Sutera, LWK 1

Timlo.net – Polisi akhirnya membekuk tersangka pengeboman Mall @ Alam Sutera, Leopard Wisnu Kumara di kediamannya sekitar Serang, Banten. Motifnya adalah pemerasan.

“Pelaku tidak terkait jaringan teror yang sudah dipetakan selama ini. Motifnya bukan dalam rangka ideologi, tapi ekonomi untuk pemerasan,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian, Kamis (29/10).

Mengutip penjelasan ahli terorisme dalam sebuah buku, Tito mengungkapkan, ada dua tipe teroris yakni yang bergerak atas nama kelompok dan ada yang jihad tanpa pemimpin alias leaderless.

“Yaitu tiap orang yang melakukan perbuatan teror, belajar dari internet melakukan serangan sendiri. Jadi serigala sendiri, di dunia barat jadi fenomena penting dan sulit diungkap,” kata Tito.

“(Aksi teror) dilakukan sendiri, tata caranya mirip lone wolf tadi. Belajar dari internet, mempelajari target sendiri dan menyerang sendiri,” imbuhnya.

Dari hasil pemeriksaan di kediaman tersangka, Tito mengatakan, petugas menemukan satu lagi bom yang akan diledakkan. Diketahui, jenis bom yang dipakai Wisnu berjenis high explosive.

Polisi sudah mengamankan sebuah bom rakitan dan alat-alat yang digunakan pelaku untuk membuat bom termasuk bahan peledak jenis TATP atau triacetone triperoxide peroxyacetone.

“Bahan ini sulit dideteksi oleh x-ray. Ini jenis mudah dibuat, tapi sangat sensitif dan tidak stabil,” pungkas Tito.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge