0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bandung Segera Punya Kereta Gantung

merdeka.com

kereta gantung

Timlo.net – Pemerintah Kota Bandung berencana membuat moda transportasi massal berupa kereta gantung. Buat warga Kota Kembang yang penasaran melihat wujud contoh kereta gantung, mereka bisa mampir ke kantor Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Di halaman depan dipajang sebuah kereta gantung berwarna putih, yang akan diberi nama Bandung Skybridge. Contoh kabin kereta gantung berkapasitas sepuluh orang itu bebas dilihat langsung oleh warga sampai akhir tahun ini.

“Ini gambaran cable car prototipe rencana tahap satu Dago-Cihampelas. Masterplan jangka panjangnya 40 kilometer,” kata pria yang akrab disapa Emil, Kamis (29/10).

Dari panjang keseluruhan rute 40 kilometer, sebagai uji coba akan dibangun dulu jalur sepanjang 850 meter, buat menghubungkan kawasan Dago dan Cihampelas. Ridwan berharap, model prototipe kereta gantung dipajang, akan tergambar di benak warganya seperti apa jenis angkutan massal itu.

“Agar masyarakat bisa paham, maka samplingnya kita hadirkan. Yang mau lihat contoh cable car silakan datang ke Balai Kota,” imbuh Ridwan.

Akhir tahun ini, Skybridge Bandung akan mulai dibangun. Proyek itu diperkirakan menelan dana Euro 8 juta, atau setara Rp 120 miliar lebih. Teknologi kereta gantung itu disediakan oleh perusahaan asal Austria, Doppelmayr.

Bila pembangunan itu berhasil, perjalanan dari Stasiun Dago sampai Stasiun Cihampelas bisa ditempuh dalam waktu tiga menit, melintasi lembah Siliwangi. Dalam proyek awal ini, 60 kabin Bandung Skybridge akan dipasang, dan diperkirakan mampu mengangkut 2.400 orang setiap jam.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge