0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Akan Terbangkan Balon Pemancar Internet di Indonesia

Proyek Loon Google

Dok: Timlo.net/Mirror.co.uk

Proyek Loon Google

Timlo.net—Balon-balon pemancar internet Google akan mengambil fase berikutnya dalam misi mereka untuk memberikan akses internet ke wilayah-wilayah tanpa internet. Balon-balon itu akan mulai melayang di stratosfer di atas Indonesia sebagai bentuk ekspansi dari proyek itu.

Dari 250 juta penduduk yang tinggal di 17.000 pulau di Indonesia, hanya 42 persen yang memiliki akses internet. Proyek Loon milik Google yang berusia 2 tahun itu bertujuan untuk mengubah hal ini dengan memancarkan sinyal internet berkecepatan tinggi dari sekumpulan balon yang terbang 60.000 kaki di atas Bumi.

Tujuan akhir dari proyek ini adalah untuk memberikan akses internet kepada 100 juta orang. Tentunya pada akhirnya Google akan memperoleh manfaat karena berarti ada lebih banyak calon pengguna produk mereka.

Proyek Loon masih menguji teknologi mereka, jadi mereka belum bisa memperkirakan kapan mereka akan mulai menjual layanan internet ke rumah dan tempat bisnis di dalam jangkauan balon. Akses internet itu akan dijual lewat penyedia layanan nirkabel di Indonesia.

Jumlah ponsel di negara kita sendiri, menurut Mirror.co.uk sebanyak 319 juta. Walaupun demikian banyak penduduk yang tidak memiliki akses internet entah karena mereka tidak mampu membayarnya atau karena mereka tinggal di tempat terpencil atau di wilayah bebatuan. Dalam wilayah yang sulit dijangkau itu, memasang alat pemancar internet dianggap tidak praktis atau terlalu mahal.

Jika berjalan lancar, Proyek Loon akan menerbangkan ratusan balon yang berfungsi sebagai BTS (Base Transceiver Station) di langit, tidak terlihat bagi mata telanjang. Untuk melakukan hal ini, para teknisi proyek ini harus mengatur ketinggian balon.

Indonesia dipilih setelah mereka melakukan pengujian ekstensif di New Zealand, Australia dan wilayah-wilayah terpencil di California dan Brazil. Jumlah penduduk Indonesia dan wilayah geografisnya membuat negara kita menjadi salah satu langkah paling ambisius dari proyek tersebut.

Pendiri Google, Sergey Brin berkata jika Project Loon pada akhirnya menciptakan jutaan pekerjaan di seluruh dunia dengan meningkatkan standar hidup orang karena mereka bisa mengakses internet untuk mengedukasi diri mereka dan membuat koneksi baru.

“Jarak emosional di dunia menyusut, berkat komunikasi yang kita nikmati sekarang,” kata Brin.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge