0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilih di Klaten Bertambah 1.337 Orang

timlo.net/aditya wijaya

Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Tambahan Satu KPU Klaten

Klaten — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Tambahan Satu (DPTb-1) pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015 di aula KPU setempat, Rabu (28/10).

“Jumlah DPTb-1 Pilkada Klaten bertambah sebanyak 1.337 pemilih dengan rincian 648 laki-laki dan 689 perempuan,” sebut Divisi Pemantau, Pemungutan dan Perhitungan Suara KPU Klaten, Joko Hadi Siswanto, dalam pleno, Rabu (28/10).

Sementara itu, Komisioner KPU Klaten Divisi Pemutakhiran Data Pemilih dan Logistik, M Ismail mengatakan, tambahan tersebut sebagian besar berasal dari nama yang sudah terdata namun gagal diunggah di DPT lalu.

”Gagal diunggah karena ada kendala teknis di sistemnya. Jadi nama yang sudah memiliki hak pilih itu belum terdaftar sebagai pemilih di DPT dan baru bisa masuk melalui DPTb-1,” katanya.

Setelah penetapan DPTb-1, pihaknya meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan pencermatan dan pemeliharaan terhadap DPT dan DPTb-1 sampai hari H pencoblosan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya pemilih yang tidak memenuhi syarat, semisal meninggal, data ganda, pindah status, gangguan jiwa, dan lainnya.

“Kalau ada yang tidak memenuhi syarat akan dicabut hak pilihnya melalui putusan pengadilan. Kemudian kami lakukan pencoretan nama yang bersangkutan di DPTb-1 karena jumlah pemilih ini berpengaruh pada logistik yang dibutuhkan pilkada,” terang Ismail.

Informasi dihimpun, dari tambahan 1.337 pemilih itu, Kecamatan Klaten Utara menempati posisi teratas tambahan pemilih dengan jumlah 143 orang. Sedangkan tambahan pemilih paling terendah di Kecamatan Jogonalan 10 orang. Sebelumnya, KPU telah menetapkan DPT pilkada Klaten sebanyak 1.037.875 pemilih.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge