0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Debat Publik, Yuni Banyak Baca, Jaka Sumanta Bikin Lelucon

timlo.net/agung widodo

Debat publik Calon Bupati Sragen di Gedung Kartini, Rabu (28/10).

Sragen – Debat terbuka putaran pertama Calon Bupati (Cabup) Sragen tahun 2015 diwarnai saling ejek antar pendukung cabup. Kendati moderator debat, Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni beberapa kali mengingatkan agar tenang selama cabup bicara, namun para pendukung keempaat cabup masih ngeyel bersorak atau tepuk tangan.

“Kami ingatkan agar pendukung para calon diam selama calon berbicara di mimbar. Nanti setelah selesai baru boleh tepuk tengan,” kata Ismi Dwi Astuti.

Dalam debat pertama ini masing-masing cabup menyampaikan visi dan misi yang akan dilakukan selama 5 tahun ke depan, jika terpilih menjadi Bupati Sragen. Panitia membagi debat ini dalam 4 sekmen. Yakni sekmen penyampaian visi-misi, sekmen pertanyaan undian, sekmen pendalaman visi, dan sekmen tanya jawab antar calon.

Ketika menyampaikan visi misi calon nomor 1: Sugiyamto menawarkan soal adanya pendidikan gratis mulai tingkat dasar hingga menengah. Selain itu juga adanya bantuan keuangan untuk setiap desa sampai tingkat RT untuk setiap bulan. Sementara nomor urut 2, Agus Fatchur Rahman kembali menegaskan akan melanjutkan program-program yang telah dicapai oleh Kabupaten Sragen selama 5 tahun terakhir ini. Terutama melanjutkan pengentasan kemiskinan dan pembelaan terhadap wong cilik.

Saat menyampaikan visi dan misinya, nomor urut 3, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mendapat sorakan dan cibiran dari pendukung ketiga calon lain. Pasalnya, kendati lancar dan tegas dalam bicara, namun Yuni kebanyakan membaca teks yang telah dia persiapkan. Hal ini jauh beda dari calon lain yang tidak membaca teks, baik saat penyampaian visi atau menjawab pertanyaan.

“Lancar tapi moco, huuuu..,” teriak salah seorang pendukung cabup lain.

Sementara calon nomor urut 4, Jaka Sumanta, terlihat sangat tenang dan terkesan tidak serius selama acara berlangsung. Pernyataan Jaka yang sering menyindir nomor urut 2 dengan gaya penyampaian seperti acara stand up comedy membuat hadirin tertawa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge