0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sinyal Telepon iPhone 6s Diuji, Ini Hasilnya!

Dok: Timlo.net/GSM Arena.
iPhone 6s. (Dok: Timlo.net/GSM Arena.)

Timlo.net—Profesor dari Aalborg University di Denmark, Gert Frolund Pedersen, dikenal dalam dunia teknologi karena scandal “antennagate” iPhone 4. Semenjak itu, ahli antena itu menguji berbagai ponsel dengan hati-hati, dengan fokus pada kinerja antena. iPhone 6s adalah salah satu smartphone yang dia uji dan hasil temuannya mengatakan jika sinyal telepon iPhone 6s tidak begitu baik.

Pedersen juga menguji beberapa ponsel lain termasuk iPhone 6, Samsung Galaxy S6 dan Sony Xperia Z5 Compact. Tes sinyal itu mengukur kinerja antena dalam band frekuensi GSM 900 di dBm. Band ini paling sering digunakan untuk telepon dan merupakan pilihan frekuensi di Denmark dan beberapa GSM di beberapa negara.

Sang profesor mengadakan tes di lingkungan anti gelombang radio dan menemukan jika dari 37 ponsel yang diteliti, iPhone 6s berada di posisi ke-30 dengan hasil -93.0dBm. Samsung Galaxy S6 berada di posisi keempat dengan -97.8dBm, sementara Sony Xperia Z5 Compact berada di posisi ke-10.

Walaupun angka Galaxy S6 dan iPhone 6s terlihat sedikit berbeda, tapi sebenarnya tidak. Desibel adalah unit logarithmic, -100db lebih baik 10 kali lipat dibandingkan -90db. Hal ini berarti Galaxy S6 tiga kali lipat lebih baik dibandingkan iPhone 6s.

Menurut Pedersern, masalah sinyal ponsel dalam produk terbaru Apple itu karena ukuran antena di dalamnya. Sekarang, banyak pabrikan menaruh perhatian pada ukuran layar dan kapasitas baterai sehingga melupakan ukuran antena yang digunakan.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge