0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa UNS Teliti Kandungan Nutrisi Sorgum

dok.timlo.net/tyo eka
Tanaman Sorgum (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Mahasiswa Program Studi (Prodi) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS), Muhammad Syafrudin meneliti tanaman sorgum atau masyarakatnya mengenal dengan nama cantel.

“Tanaman sorgum memiliki potensial untuk dikembangkan,” ujar Syafrudin saat bertemu wartawan, di Kampus FP UNS, Solo, Rabu (28/10).

Berdasarkan penelitiannya berjudul Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Sorgum di Kabupaten Wonogiri, Syafrudin mengatakan, tanaman Sorgum potensial untuk dikembangkan sebagai bahan baku industri pangan. Karena mengandung nutrisi lebih tinggi dibanding beras, jagung, ubian dan sebagainya. “Dalam Sorgum mengandung 332 kalori,” jelasnya.

Bahkan Sorgum yang memiliki nama latin Sorghum Bicolor L, kata Syafrudin, di dalam 100 gram Sorgum mengandung 11 gram protein dan 3,3 gram lemak. Kandungan tersebut lebih tinggi dibandingkan beras yang hanya mengandung 7 gram protein dan 0,7 gram lemak. Juga lebih tinggi dari jagung yang hanya mengandung 9 gram protein dan 4,5 gram lemak.

Dikgatakan, kelebihan tanaman Sorgum dibandingkan padi dan jagung yakni memiliki daerah adaptasi yang luas, khususnya pada lahan marginal. Tanaman Sorgum memiliki toleransi terhadap kekeringan dan genangan air, bahkan dapat berproduksi pada lahan marginal, serta relatif tahan terhadap gangguan hama atau penyakit.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge