0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Zebra di Wonogiri, 1.272 Pelanggar Ditindak

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Sri Ningsih Iriani terjun langsung memimpin Operasi Zebra Candi (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Selama sepekan Operasi Zebra Candi 2015 digelar Polres Wonogiri, sudah ada ribuan pelanggar yang diberi sanksi Tilang maupun teguran. Sedang angka pelanggaran tertinggi didominasi pengendara sepeda motor.

“Total ada 1.272 pelanggar, dengan perincian untuk tindakan Tilang ada 543 pelanggar, sedang tindakan teguran kita berikan kepada 729 pengendara, baik roda dua maupun roda empat,” ungkap Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Sri Ningsih Iriani mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean, Rabu (28/10).

Operasi Zebra Candi 2015, menurut Kasatlantas digelar selama 14 hari, terhitung sejak 22 Oktober hingga 4 Nopember mendatang. Sedang jumlah pelanggar yang ditilang ada beberapa kriteria, yakni ada 192 pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm, berboncengan lebih dari dua orang ada 20 pelanggar, melawan arus 18, kemudian tidak menyalakan lampu utama ada 43, dan kelengkapan kendaraan sebanyak 79.

“Untuk pelanggaran pengemudi roda empat dan sejenisnya rata-rata karena tidak memakai sabuk pengaman ada 97 pelanggar kemudian disusul overload muatan sebanyak 21 pelanggar,” jelasnya.

Selain upaya penindakan, jajaran Satlantas Polres Wonogiri juga melakukan upaya lain, yakni dengan memasang bunner Operasi Zebra Candi di beberapa titik. Pihaknya juga melakukan patroli di daerah yang sudah dinyatakan sebagai titik rawan kecelakaan lalu lintas (black spot). Sedang jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut sebanyak 43 personel.

“Kita menggunakan cara hunting sistem, jadi anggota kita melakukan patroli di dua jalur, khususnya titik rawan laka, dimulai dari Makolantas, Ponten hingga pertigaan patung macan Nambangan, Selogiri, itu yang arah utara. Lalu arah timur, dimulai dari Pasar Pokoh hingga pertigaan Kecamatan Ngadirojo,” terangnya.

Ditambahkan, Operasi Zebra Candi 2015 ini digelar guna meningkatkan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. “Operasi ini juga dalam rangka untuk menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge