0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalur Pendakian Gunung Lawu Perlu Dipasang CCTV

IMG02681-20151027-1052
Dr Prabang Setyono SSi, MSi , pakar lingkungan UNS ()

Solo — Ketua Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr Prabang Setyono SSi, MSi menyatakan, jalur pendakian Gunung Lawu sudah waktunya dipasang kamera closed circuit television (CCTV).

“CCTV perlu dipasang untuk memantau situasi dan kondisi jalur dan kawasan di sekitarnya,” ujar Prabang yang juga pakar lingkungan saat bertemu Timlo.net, di Kampus Pascasarjana UNS, Kentingan Solo, Rabu (28/10).

Prabang mengatakan, kawasan hutan Gunung Lawu belakangan ini mulai banyak didatangi orang, salah satunya untuk berwisata gunung. Dalam berwisata itu, banyak hal yang dilakukannya, di antaranya menyalakan api unggun, menikmati pemandangan alam, berkemah di tengah hutan dan sebagainya.

“Diantara yang perlu diperhatikan adalah penyalaan api unggun,” tandasnya.

Kenapa demikian, lanjut Prabang, beberapa tahun belakangan ini hutan Gunung Lawu sering terbakar. Kebakaran terjadi, salah satu penyebabnya adalah kelalaian mematikan api unggun secara tuntas. Api unggun memang sudah dimatikan, tetapi belum tuntas. Arang sisa pembakaran, kadang kurang diperhatikan, yang kadang masih sedikit menyala, bahkan sering dibiarkan. Padahal angin pegunungan seringkali berembus kencang.

“Hembusan kencang itulah kemudian memperbesar kembali bara yang ada pada arang-arang bekas api unggun, sehingga membesar,” ujarnya.

Api yang membesar dan menyala itu, kata Prabang, kadang sudah ditinggal pergi oleh si pembuat api unggun. Api itu kemudian menyambar dan melahap barang yang mudah terbakar di sekitarnya. Akibatnya kebakaran besarpun terjadi.

Menilik dari kasus kebakaran hutan Gunung Lawu yang disebabkan oleh sisa api unggun, Prabang mengusulkan di beberapa sudut jalur pendakian dipasang CCTV. Selain untuk memantau situasi kawasan, juga mencegah hal-hal tidak diinginkan, salah satunya pembuatan api unggun.

“Selama ini mereka yang mendaki memang telah meninggalkan KTP atau identitas lain. Tetapi itu tidak cukup. Pemasangan CCTV saat ini perlu, salah satunya untuk mencegah terjadinya kebakaran,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge