0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemadaman Api Lawu Terkendala Angin Besar

(dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Titik api baru kembali terdeteksi di hutan kawasan Gondosuli, Tawangmangu. Titik lain juga  muncul di atas pos 1 jalur pendakian Candi Cetho. Informasi tersebut berasal dari Relawan Anak Gunung Lawu (AGL) yang terus melakukan pantauan.

“Kami sudah berusaha memadamkan tapi saat angin besar api juga membesar dan itu berbahaya bagi kami,” kata Jhontit, Relawan AGL, Selasa (27/10).

Sedangkan titik api yang juga ditengarai muncul di jalur pendakian Candi Cetho di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, menurut Jhontit, belum ada laporan valid namun kemungkinan itu bisa saja terjadi karena angin bertiup kencang dan udara kering seperti ini.

“Belum ada laporan yang valid. Kami masih terus melakukan monitoring,” katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nugroho mengatakan, kebakaran yang melanda hutan petak 63 N dan 63 S di wilayah Kecamatan Ngargoyoso sudah bisa dipadamkan, diperkirakan kerugian  petak 63 N terbakar 10 hektare dari total luas 60 hektare, sementara petak 63 S yang terbakar 20 hektare dari total luas 130 hektare.

“Ngargoyoso juga sudah bisa dipadamkan. Kita tinggal antisipasi agar tidak kembali menyala. Tunggak-tunggak pohon yang masih menyisakan bara, rawan menyala lagi,” imbuhnya.

Terpisah, Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo mengatakan, personel Polres sudah diperintahkan untuk memantau perkembangan kebakaran hutan di lereng Lawu dan melaporkannya, sehingga bisa diambil langkah antisipatif yang diperlukan.

“Tim SAR Polres Karanganyar sudah bergabung dengan relawan, untuk menangani kebakaran ini. Tiap hari, personel juga memantau perkembangan. Sejauh ini untuk wilayah Karanganyar, kebakaran hutan Lawu masih jauh dari pemukiman,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge