0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Hutan Gunung Lawu

Muncul Titik Api Baru, Pemkab Karanganyar Siaga 24 Jam

Titik api muncul lagi di hutan Gunung Lawu wilayah Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar terus bersiaga 24 jam selama kebakaran hutan yang terjadi di lereng Gunung Lawu. Pasalnya, titik api mulai terlihat di bawah pos 1 jalur pendakian Cemoro Kandang, diatas Gondosuli, dan diatas pos 1 jalur pendakian candi Cetho.

“Kami sangat memuji kesigapan petugas pemadam kebakaran, relawan, SAR dan lainnya yang dengan cepat memadamkan api yg merembet ke perbatasan,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (28/10).

Sejauh ini, jelas Juliyatmono, titik api dibagian utara lereng Gunung Lawu masih sulit untuk dipadamkan. Selain medannya yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran, juga banyak batu-batuan. Sehingga membuat titik api di bagian utara tersebut cepat merembet ke berbagai lokasi.

“Percikan api yang terbawa angin ini menyebabkan munculnya kebakaran baru. Sehingga membuat kebakaran ini menjadi sulit dipadamkan,” terangnya.

Sementara itu, api kembali muncul di sejumlah lokasi di bawah pos 1 jalur pendakian Cemoro Kandang, di atas Gondosuli, dan di atas pos 1 jalur pendakian Candi Cetho.

“Angin kencang mengobarkan api dan asap pekat membuat kami kesulitan melakukan pemadaman,” kata Jonthit, relawan dari Anak Gunung Lawu (AGL).

Jonthit mengatakan, para relawan untuk sementara menunggu situasi dan kondisi hingga bisa bergerak lagi untuk melakukan pemadaman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge