0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nasib Ribuan Pemegang Kartu PKMS Silver Tak Menentu

dok.timlo.net/ist
Logo BPJS Kesehatan (dok.timlo.net/ist)

Solo – Pemerintah Kota Solo masih belum bisa menentukan nasib bagi 226.800 warga pemegang kartu program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) silver. Pemerintah Kota butuh berkonsultasi dengan Pemerintah Pusat untuk menentukan kebijakan seiring dengan dihapusnya Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) 2016 mendatang.

“Kami belum bisa memutuskan akan mengambil tindakan apa, karena memang tahun 2016 nanti semua bentuk Jamkesda akan dihapus. Termasuk untuk PKMS Silver,” ungkap Plt Sekda Solo, Budi Yulistyanto, Selasa (27/10).

Dijelaskan bagi masyarakat anggota PKMS Gold dapat langsung dialihkan ke BPJS kesehatan, dan pembayaran premi ditanggung Pemerintah Kota. Namun bagi pemegang PKMS Silver pembayaran premi BPJS tidak mungkin di tanggung Pemkot. Hal ini disebabkan regulasi ke depan untuk program PKMS masih belum jelas, selain itu pemilik PKMS silver tidak seluruhnya warga miskin.

Budi Yulistiyanto menambahkan, kendati demikian, Pemkot masih memasang anggaran di RAPBD 2016 senilai Rp13,5 Miliar plus Rp 1 Miliar untuk jaminan kesehatan warga Kota Solo. Dana tersebut, kata Budi, untuk integrasi kepesertaan PKMS gold sebanyak 21.824 orang ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan senilai Rp 5,9 Miliar, sedang sisanya untuk peserta PKMS silver.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK), Siti Wahyuningsih mengatakan dirinya masih mencari regulasi dan formulasi yang pas untuk memberikan layanan kepada masyarakat pengguna PKMS ini.

“Masih kita formulasikan yang pas, sampai sekarang kita belum bisa menyampaikan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge