0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada, Gelaran Sekaten Diperpendek

Gunungan Sekaten (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo – Keraton Kasunanan Surakarta berencana akan memperpendek waktu pelaksanaan gelaran Sekaten tahun 2015. Hajatan tahunan yang biasa digelar selama 25 hingga 27 hari itu, terpaksa diperpendek lantaran berbagai pertimbangan. Diantaranya adalah adanya hajatan politik pemilihan kepala daerah (Pilkada), dan lokasi diadakannya Sekaten.

“Masih kita pertimbangkan. Gunungan Sekaten jatuh pada 24 Desember. Kalau kita tarik 14 hari kebelakang berarti tanggal 10 Desember, padahal itu saat coblosan pilkada, kemungkinan akan jadi tanggal 11 Desember,” ungkap salah seorang kerabat Keraton Kasunanan, KRMH Satriyo Hadinagoro, Selasa (27/10).

Secara umum perayaan Sekaten tidak ada perubahan dan masih tetap seperti tahun-tahun sebelumnya. Gamelan sekatan Guntur Madu dan Guntur Sari akan dikeluarkan dan dibunyikan di serambi Masjid Agung. Sedangkan maleman sekaten terpaksa tidak akan digelar lantaran kondisi tempat yang tidak memungkinkan.

“Namun ini masih berupa rencana, sedang kami matangkan lagi untuk pelaksanaannya. Kami juga akan bertemu dengan Pj Walikota untuk memberikan masukan terkait pelaksanaan maleman.” kata dia.

Dia menjelsakan, untuk pedagang yang berhubungan langsung dengan sekaten, seperti pedagang telur asin dan kinang sirih, tetap akan diakomodir pihak Keraton. Pedagang ini akan dimasukkan di halaman depan Masjid Agung.

“Namun untuk maleman Sekaten memang belum ada solusi hingga sekarang,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge