0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Hama Tikus, Petani Sawit Tanam Serempak

timlo.net/nanin

Tanam serempak padi di Kecamatan Sawit

Boyolali — Mengantisipasi serangan hama tikus, petani padi di Desa Cepokosawit, Sawit, melakukan tanam serempak. Tanam serempak ini bertepatan dengan musim tanam ketiga. Selama ini petani padi di Sawit bisa panen tiga kali dalam setahun. Namun sejak ada serangan hama tikus, banyak yang panen.

“Musuh kami selama ini adalah tikus, kalau air, saluran irigasi melimpah, tidak pernah kekeringan meski masuk musim kemarau,” kata Kades Cepokosawit, Slamet Raharjo, Selasa (27/10).

Serangan hama tikus di wilayah Cepokosawit terparah pada tahun 2013 lalu. Akibatnya banyak petani gagal panen dan kemudian membiarkan lahannya bero. Upaya pemberantasan tikus sudah dilakukan, mulai gropyokan hingga oposan, namun serangan tidak mereda. Bahkan hama pengerat ini menyerang tanaman padi secara berpindah-pindah.

Sementara untuk tanam serempak ini dilakukan di lahan seluas 5 hektar dengan padi jenis 64. Bibit padi sendiri, didapat dari bantuan PP Kerja, sebagai perusahaan penyedia bibit padi bersertifikat. Hasilnya nanti akan dijual ke PP Kerja untuk bibit.

Disisi lain, salah satu petani, Budiono, mengaku tanam padi serentak di wilayah Cepokosawit tidaklah mudah. Hal ini disebabkaan melimpahnya air. Sementara dari belasan kelompok petani hanya satu kelompok yang mau diajak menanam padi serempak.

“Kalau semua mau diajak tanam serempak, serangan hama tikus pasti bisa dikendalikan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge