0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mantan Bupati Diusulkan Terima Nobel Perdamaian

timlo.net/nanin

Salah satu bangunan tempat peribadatan di Komplek Pemkab Boyolali, yang dibangun di masa pemerintahan Seno Samudro

Boyolali — Lima tokoh agama dan kelompok kesenian di Kabupaten Boyolali mengusulkan penghargaan Nobel Perdamaian untuk mantan Bupati Boyolali, Seno Samudro. Usulan ini muncul, lantaran kiprah Seno Samudro saat menjabat sebagai bupati melahirkan kebijakan toleransi dan perdamaian umat beragama di Boyolali.

“Usulan sudah kita sampaikan ke Dubes Norwegia, agar Pak Seno bisa masuk dalam kandidat tokoh perdamaian,” kata Kabag Humas, Wiwis Trisiwi, Selasa (27/10).

Dijelaskan, lima unsur agama yang mengusulkan Seno, dari kalangan Islam, Kristen, Katholik, Budha, dan Hindu. Kelima agama tersebut tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Boyolali. Selain mereka, tokoh-tokoh kesenian di Boyolali juga mendukung usulan Seno sebagai kandidat peraih nobel perdamaian.

Pemkab juga sudah mengirim proposal pengusulan Seno Samodro ke The Norwegian Nobel Committee di Oslo. Selain itu juga memfasilitasi tokoh-tokoh agama, kesenian, serta DPRD Boyolali, menemui Duta Besar (Dubes) Norwegia untuk Indonesia, Stig Traavik di Jakarta, Senin kemarin.

“Dubes Norwegia menyambut baik usulan tersebut, namun dia menjelaskan tidak berwenang menentukan kandidat,” tambahnya.

Disisi lain, tokoh umat Islam Boyolali, Habib Masturi, yang juga Ketua FKUB mengungkapkan, kebijakan membangun lima tempat ibadah tersebut merupakan satu-satunya di dunia. Pembangunan lima tempat ibadah dalam satu komplek tidak sekedar wacana, namun diimplementasikan dalam semangat kerukunan umat hingga ke desa-desa.

“Masyarakat Boyolali cukup majemuk, mereka dijamin haknya untuk beribadah,” tegas Habib.

Hal yang sama juga diungkapkan perwakiln umat Katholik, Romo Ignatius Slamet Piyarto, sebagai pemeluk agama minoritas. Pihaknya sering mengalami kesulitan rumah ibadah. Namun beda halnya di Boyolali, umat Katholik justru bebas beribadah.

“Kita sangat dukung nobel perdamaian untuk Pak Seno Samudro,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge