0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Solo Coret Anggaran Pengadaan Gamelan

dok.timlo.net/gg
Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (dok.timlo.net/gg)

Solo —¬†Komisi IV DPRD Solo mencoret anggaran pengadaan gamelan senilai Rp 850 juta untuk tahun depan. Pengadaan gamelan untuk dua kelurahan itu dinilai belum mendesak.

“Pengadaan dua perangkat gamelan itu sedianya mau diberikan untuk dua kelurahan sebagai reward kelurahan berprestasi. Namun, kemarin kami drop,” kata Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti kepada wartawan, Selasa (27/10).

Pencoretan anggaran pengadaan gamelan dilakukan dalam rapat Komisi IV dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) membahas Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Rancangan APBD 2016, pekan lalu.

Hartanti menerangkan, selain dinilai belum mendesak, pencoretan dilakukan lantaran banyak kelurahan di Solo tidak memiliki ruang untuk menyimpang gamelan. Jika dipaksakan, dikhawatirkan keberadaan gamelan justru mempersempit ruang di kelurahan, semisal pendhapa kelurahan.

“Kalau kelurahan memang memerlukan kan bisa pinjam. Jadi, gamelan ini belum urgen. Anggaran gamelan itu kita alihkan ke PMKS yang lebih membutuhkan,” ujar dia.

Berdasarkan evaluasi Komisi IV, pengadaan gamelan yang sudah berjalan belum sepenuhnya efektif. Beberapa diantaranya berfungsi baik, sebagian diantaranya tidak berfungsi.

Untuk tahun ini, sambung Hartanti, pengadaan gamelan dilakukan untuk tiga kelurahan dan dua kecamatan. Yakni Kelurahan Gilingan, Sangkrah dan Pajang. Kemudian dua kecamatan yang menerima yaitu Kecamatan Laweyan dan Pasar Kliwon.

Anggota Komisi IV, Reny Widyawati mengungkapkan pencoretan anggaran pengadaan gamelan tahun depan didasarkan pada evaluasi atas pengadaan gamelan tahun ini. Reny menyarankan Disbudpar agar melakukan survei kelayakan penerima gamelan terlebih dulu sebelum menganggarkan pengadaan.

“Dari sisi perencanaannya kami apresiasi memberikan gamelan untuk 51 kelurahan. Tetapi lebih baik disurvei dulu, mana yang betul-betul butuh dan memiliki kesiapan tempat,” jelas dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge