0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Klaten

Selipkan Jargon Paslon, Bu Kades akan Dipanggil Panwaslu

Pilkada Klaten 2015 (dok.timlo.net/kpu-klatenkab.go.id)

Klaten — Kegiatan Tilik Desa putaran ketiga di Desa Kedungan, Kecamatan Pedan, Klaten, Senin (27/10) malam, bakal menjadi kajian Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Klaten. Kendati tidak mempromosikan pasangan calon (Paslon) no 3, tapi Bupati Sunarno mempopulerkan wakilnya, Sri Hartini yang akan bertarung di Pilkada Klaten Desember mendatang melalui kuis berhadiah uang.

Games dengan pertanyaan dan hadiah uang itu akan menjadi kajian kami apakah termasuk money politics atau tidak. Apakah itu termasuk pelanggaran masih menunggu kajian,” ungkap Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Klaten, Agung Setya Budi, Selasa (27/10).

Dari pantauan Timlo.net, sebelum pementasan wayang kulit semalam suntuk, Sunarna juga memberikan sejumlah pertanyaan kepada warga. Bagi yang bisa menjawabnya, mereka akan diganjar uang Rp 100 ribu – Rp 300 ribu per orang. Pertanyaannya berkisar sosok Sri Hartini seperti, siapa nama wakil bupati aktif, berapa jumlah anak wakil bupati, kapan akhir masa jabatan (AMJ) kepala daerah selesai, dan lainnya.

Tidak hanya itu, Panwaslu Klaten juga akan memanggil Kepala Desa (Kades) Kedungan Wiyati. Sebabnya, di tengah sambutan Wiyati menyelipkan jargon Hati Mulia sebanyak tiga kali.

“Menyebut berhati mulia tadi maksudnya apa? Apa tendensi ke salah satu Paslon? Nanti kami klarifikasi,” imbuh Agung.

Seperti Tilik Desa sebelumnya, Sunarna juga menyerahkan bantuan uang kepada Desa Kedungan. Bantuan itu meliputi, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Rp 1 juta, Posyandu Rp 2 juta, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Rp 1,5 juta, yatim piatu Rp 1,5 juta untuk 30 anak, beasiswa SD dan SMP Rp 1,5 juta untuk 30 anak, bantuan lanjut usia (Lansia) Rp 1,5 juta untuk 30 orang, bantuan RT, RW, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) senilai Rp 2,5 juta dalam bentuk bingkisan, dan bantuan Satlinmas Rp 3,1 juta untuk 31 orang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge