0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Kekeringan, Klaten Bikin Sumur Dalam

Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto
Droping air bersih di daerah kekeringan di Kabupaten Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —¬†Pemerintah Kabupaten Klaten telah menerima pencairan dana siap pakai dari Badan Nasional Penanggulangan Benncana (BNPB) sebesar Rp 500 juta. Alokasi dana tersebut untuk menanggulangi bencana kekeringan.

“Kira-kira sudah cair sejak pertengahan Oktober lalu di tengah kegiatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana di Solo,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Eko Pambudi, Selasa (27/10).

Dijelaskan, dana siap pakai senilai setengah miliar itu akan dimanfaatkan untuk program pembuatan sumur dalam dan pipanisasi. Adapun program pembuatan sumur dalam akan dilakukan di tiga desa, di antaranya Desa Bumiharjo, Kecamatan Kemalang, dan Socokangsi, Kecamatan Jatinom.

Sementara untuk program pipanisasi menyasar empat lokasi, antara lain Desa Beteng, Kecamatan Jatinom; Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, serta Desa Bumiharjo, Kecamatan Kemalang.

“Karena dari pusat (BNPB), ditargetkan selesai akhir November. Ini pengerjaannya sudah dimulai,” imbuh Eko saat ditemui di sela-sela Jambore Sekolah Siaga Bencana.

Seperti diketahui, Klaten merupakan salah satu kabupaten/kota di Jawa Tengah yang telah berstatus darurat kekeringan. Adapun status ditetapkan di Klaten selama dua tahun berturut-turut (2014-2015).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge