0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hanoman Turun Gunung Galang Dana Bencana Asap

dok.timlo.net/heru murdhani
Aksi Hanoman turun gunung galang dana bencana asap di Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Aksi keprihatinan terhadap semakin banyaknya kasus kebakaran hutan tak hanya dilakukan mahasiswa dan organisasi masyarakat saja. Kali ini di Kota Bengawan, Dewa Kera Putih Hanoman turun gunung dan turut menggelar aksi keprihatinan. Tak segan-segan dewa kera dalam tokoh pewayangan itu bahkan menghampiri langsung para pengguna jalan, untuk mengetuk pintu hati mereka menyisihkan sedikit rupiah untuk korban bencana asap.

“Hanoman turun gunung, gunungnya terbakar heyaaaaa,” teriak Hanoman, saat memulai aksinya.

Sambil membawa poster berisi “Hanoman turun gunung galang dana bencana asap,” Kopral Partika Subagyo hilir mudik menghampiri pengguna jalan yang melintas di bundaran Gladak. Mengenakan kostum wayang, sambil sesekali berjoget ala kera, anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) Solo ini aktif menghimpun dana dengan menyodorkan kotak sumbangan kepada pengguna jalan raya.

“Kita kan tidak bisa turun secara langsung, karenanya kita lakukan ini untuk bisa membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana asap,” ungkap pria yang akrab disapa Kopral Bagyo ini, Selasa (27/10).

Dia menceritakan kostum Hanoman ini dipilih karena ada korelasi antara terbakarnya hutan dan rusaknya habitat flora dan fauna yang ada ditempat tersebut. “Karenanya saya pilih tokoh Hanoman, kan Hanoman tinggal di hutan, kalau terbakar ya terpaksa harus turun gunung dan berbuat sesuatu,” ucapnya.

Dikatakan sumbangan yang didapatkan ini nantinya akan disalurkan melalui PMI Solo. Meskipun hasilnya tidak banyak, Partika Subagyo mengaku aksi ini juga dimaksud untuk menggugah rasa kepedulian dari masyarakat.

Pantauan dari Timlo.net sesekali pengguna jalan berhenti dan memberikan sumbangan ala kadarnya. Namun ada juga pengendara yang acuh dan tidak peduli dengan aksi ini.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge