0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bir Bisa Cegah Kanker Kulit

Bir

Dok: Timlo.net/beer100.com

Bir

Timlo.net—Sebuah penelitian baru mengungkapkan jika vitamin B3 yang ditemukan pada makanan Australia, Vegemite dan bir bisa mengurangi resiko kanker kulit hingga 23 persen.

Setahun perawatan dengan nicotinamide, bentuk dari vitamin B3, bisa mengurangi kanker kulit non-melanoma secara signifikan pada pasien beresiko tinggi. Kesimpulan ini berasal dari penelitian yang dilakukan oleh University of Sydney.

Ada 386 peserta dalam penelitian itu yang memiliki sejarah kanker kulit. Mereka diminta mengkonsumsi pil yang mengandung nicotinamide dua kali sehari selama 12 bulan. Sementara yang lain diminta mengkonsumsi pil plasebo. Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi pil dengan nicotinamide mengalami penurunan resiko terkena kanker kulit baru hingga 23 persen.

Nicotinamide juga tersedia di kebanyakan apotik sebagai suplemen yang aman, dan terjangkau. Penemuan ini memiliki potensi untuk menurunkan biaya dan beban ekonomi dan kesehatan yang disebabkan karena kanker kulit.

Vitamin B3 ditemukan di daging, kacang-kacangan dan ikan tapi juga bisa diperoleh dari bir dan Vegemite. Peneliti senior dari tim peneliti, Dr. Diona Damian berkata jika mereka berharap penemuan mereka bisa segera diubah menjadi praktek klinis. Tapi, mereka yang beresiko tinggi terkena kanker kulit harus mempraktekkan kebiasaan untuk melindungi mereka dari sinar matahari, menggunakan tabir surya dan melakukan pemeriksaan teratur dengan dokter mereka.

Penelitian ini diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Sumber: The Sen Times.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge