0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Siswa di Klaten Ikuti Jambore Siaga Bencana

dok.timlo.net/aditya wijaya
Tim Damkar Klaten memadamkan rumah dalam simulasii Jambore Sekolah Siaga Bencana (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten menggelar Jambore Sekolah Siaga Bencana 2015. Kegiatan dalam rangka peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana yang dihelat di halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (27/10) melibatkan ratusan siswa SMA/SMK.

“Mengingat anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan paling berisiko terkena dampak bencana, harapannya melalui Jambore ini dapat memberikan penyuluhan pendidikan kebencanana yang terperinci bagi siswa,” kata Asisten Administrasi Setda Klaten Sri Winto mewakili Bupati Klaten Sunarna.

Dari pantauan Timlo.net, para siswa dari berbagai SMA/SMK yang telah menerapkan Sekolah Siaga Bencana menggelar simulasi penanganan resiko bencana. Simulasi mengangkat peristiwa Gempa Bumi 27 Mei 2006 yang melanda Klaten.

Setelah rumah hancur digoyang gempa, warga digemparkan isu datangnya tsunami. Akibatnya, warga panik mencari lokasi berlindung yang lebih tinggi, seperti memanjat tiang bendera. Kemudian simulasi diakhiri aksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten memadamkan rumah yang dilahap si jago merah.

“Belajar dari peristiwa itu (gempa bumi 2006), timbulnya korban jiwa salah satunya disebabkan oleh kepanikan dan kekurangsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Bekal ilmu pengetahuan dan pemahaman terhadapa karakter bencana, tata cara bertindak saat bencana datang sangat mungkin dipelajari untuk diantisipisasi,” imbuh Sri Winoto dalam sambutannya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge