0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Huawei Kalahkan Xiaomi di Cina

Huawei

Dok: Timlo.net/CelebGoose.com

Huawei

Timlo.net—Pasar seluler terbesar di dunia, yaitu Cina—memiliki sebuah pemimpin baru: Huawei. Menurut firma peneliti Canalys, Huawei membuat sebuah lompatan besar pada kuartal ketiga 2015, menyalip Xiaomi menjadi vendor nomor satu di Cina.

Produsen Mate S itu naik ke posisi pertama dengan pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 81 persen di kuartal ketiga 2015. Kuartal sebelumnya pertumbuhan mereka juga kuat. Sementara itu Xiaomi mengalami penurunan dari tahun lalu karena mereka berjuang untuk mempertahankan pertumbuhan mereka.

Jessie Ding, seorang analis peneliti dari kantor Canalys di Shanghai berkata jika kenaikan Huawei ke posisi atas cukup menakjubkan, terutama dalam konteks pasar smartphone Cina yang bertumbuh. Tapi dia menambahkan jika Xiaomi mungkin sedang fokus ke bidang lain.

“Xiaomi dengan target penjualan 80 juta unit smartphone di tahun ini, mengalami tekanan yang besar untuk tetap tumbuh sebagai pemain internasional sementara di kampung halaman posisi mereka turun,” kata Ding.

Tahun 2014 merupakan tahun yang baik untuk Xiaomi. Perusahaan itu berhasil menurunkan Samsung dari tahtanya di kuartal kedua 2014 dan menjadi vendor nomor satu di Cina. Waktu itu Xiaomi menjadi vendor smartphone terbesar kelima di dunia. Beberapa analis menganggap pencapaian ini sesuatu yang fenomenal.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge