0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Trend Batu Akik Meredup, Pedagang Keluhkan Penjualan

timlo.net/setyo pujis

Pengunjung saat melihat batu akik di kawasan Pasar Klewer

Solo – Sejumlah pedagang batu akik di wilayah Solo keluhkan sepinya penjualan. Bahkan jika dibandingkan saat booming pada beberapa bulan yang lalu penurunan permintaan batu akik bisa mencapi 30 persen.

“Saya juga kurang tahu penurunan ini disebabkan karena apa. Tapi yang jelas peminatnya berkurang secara drastis,” ujar salah satu pedagang batu akik, Anton kepada wartawan, Senin (26/10).

Dirinya mengatakan, untuk mendongkrak permintaan beragam cara sudah dilakukan,. Diantaranya adalah menurunkan harga pasaran serta menggenjot pasar lewat pameran.

“Namun ternyata dari usaha yang sudah kita lakukan itu tidak cukup mempengaruhi permintaan. Sehingga sekarang pasrah saja dengan keadaan,” jelasnya.

Hal sama juga disampaikan pedagang lainya, Rafi Aditya menyampaikan untuk trend batu akik tidak seramai sebelumnya. Jika saat booming dulu bisa meraup omset Rp 3 juta per hari, namun sekarang bisa mendapatkan Rp 1 juta per hari saja sudah untung.

“Peminatnya masih ada tapi turun drastis. Kebanyakan yang dicari adalah batu lokalan seperti dari Pacitan, Wonogiri, Garut dan Kalimantan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge