0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Oleh-Oleh Haji Banyak Diserbu Pembeli

timlo.net/setyo pujis

Suasana di toko oleh-oleh haji Pasar Kliwon

Solo – Penjualan oleh-oleh khas haji di kota Solo meningkat tajam selama beberapa bulan terakhir. Hal itu terjadi karena pada saat musim kepulangan jamaah haji seperti sekarang, banyak dari mereka yang memborong oleh-oleh untuk diberikan kepada sanak dan keluarganya di Tanah Air.

“Jika dibandingkan dengan kondisi normal sebelumnya memang ada peningkatan yang signifikan atau mencapai lebih dari 50 persen,” ujar pemilik toko oleh-oleh haji dan umroh Assegaf, Guraisy Assegaf kepada wartawan, Senin (26/10).

Dirinya mengatakan, dari berbagai oleh-oleh yang ditawarkan, kebanyakan pembeli lebih meminati makanan ringan khas Arab, seperti kurma, kismis, kacang almond dan air zam-zam.

“Namun demikian yang paling melonjak permintaanya adalah air zam-zam. Karena pemerintah sekarang ini membatasi pembawaan air zam-zam yag dibawa langsung oleh jamaah dari tanah suci,” jelasnya.

Hal sama juga dirasakan pedagang lainya, pemilik pusat oleh-oleh haji Asshafa, Saidah menyampaikan jika lonjakan permintaan oleh-oleh sudah terjadi sejak kepulangan jamaah pada kloter pertama beberapa bulan lalu.

“Dari sekian banyak oleh-oleh yang kita jual, yang paling banyak diminati saat ini adalah air zam-zam. Bahkan sehari kita bisa menjual 50 liter,” tandasnya.

Kendati demikian, dia mengungkapkan kalau untuk tahun ini permintaan oleh-oleh turun sekitar 40 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan permintaan itu lebih dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang turun karena faktor ekonomi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge