0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sisa Lahan Tol Soker Tak Dapat Ganti Rugi, Warga Keberatan

timlo.net/nanin

Proyek tol Solo-Kertosono

Boyolali – Masyarakat yang terkena pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Solo-Kertosono, diberatkan dengan kebijakan tanah hibah untuk negara. Tanah hibah ini warga tidak mendapatkan ganti rugi. Tanah yang dihibahkan adalah sisa tanah pembebasan yang tidak difungsikan. Sedangkan tanah yang mendapat ganti rugi dari sisa tanah pembebasan tersebut seluas 100 meter.

“Sisa lahan saya 133 meter persegi, hanya 100 meter yang dibayar ganti rugi, sisanya dihibahkan ke negara,” ungkap Sri Yulianto, warga Desa Ngesrep, Ngemplak, Boyolali, Senin (26/10).

Yulianto mengaku terpaksa menerima kebijakan tersebut, daripada sisa lahan miliknya yang terkena proyek jalan tol tidak dimanfaatkan. Tidak hanya dirinya yang mendapat kebijakan tersebut. Namun masih banyak warga lain yang mengalami nasib serupa.

Namun yang disayangkan, kwitansi pembayaran dari PPK yang diterima tidak menyertakan keterangan secara lengkap berapa luas yang dibayar. Hanya selembar kertas yang ber Kop kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan hanya menyebutkan bilangan uang yang diterima. Selain itu, angka rupiahnya hanya menggunakan bolpoint.

“Hanya ureg-uregan jumlah uang yang saya terima, tidak tahu resmi apa tidak itu,” tambahnya.

Sementara itu, menurut keterangan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Boyolali, Wahyu Setyoko, sisa lahan yang terkena pembebasan dan tidak bisa difungsikan, mendapat ganti rugi sesuai dengan permintaan yang berhak. Hal ini sesuai Peraturan Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 tahun 2012 pasal 11 tentang pertanahan.

“Jika sebidang tanah yang kena pembebasan untuk proyek, maka lahan sisanya boleh mengajukan untuk dibebaskan sekalian,” jelasnya.

Sementara itu, PPK Satker tol Boyolali-Mantingan, Walidi mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan oleh PPK sebelumnya. Sehingga dia tidak tahu menahu mengenai adanya tanah sisa yang harus dihibahkan ke negara. Pihaknya tidak pernah meminta hibah kepada warga yang terkena proyek tol.

“Kalau ada warga yang merasa tanahnya dihibahkan untuk negara, itu diluar sepengetahuan saya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge