0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Padam, Warga Tetap Waspada

timlo.net/nanang rahadian

http://dbfoto.timlo.com/upload/2015/10/warga-dan-tni-melokalisir-api.jpg

Karanganyar — Meski api yang membakar hutan di sekitar pos pendakian Cemoro Sewu berhasil dijinakkan, namun warga sekitar dan para relawan masih tetap siaga. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Magetan juga tetap siaga disekitar tempat kejadian.

“Kami terus siap-siap Mas, kalau kena angin semak belukar masih terus menyala,” kata Agus penduduk Dusun Cemoro Sewu, Senin (26/10).

Agus mengatakan, secara keseluruhan api memang telah padam namun angin yang bertiup kencang membuat semak belukar kering kembali menyala. Warga dibantu relawan, TNI dan Polri terus melokalisir api agar tidak merembet ke rumah penduduk.

“Kita buat ilaran dan membasahi semak belukar yang belum terbakar agar tidak merembet,” jelas Agus.

Agus menceritakan, sejak Minggu (25/10), api kembali membesar dan mengarah ke perumahan penduduk. Namun api bisa dilokalisir sehingga tidak sampai merembet ke perumahan penduduk.

Sementara itu, warga lain Suwarni, mengaku tidak terlalu takut dengan kebakaran tahun ini. Menurutnya kebakaran tahun 1997 jauh lebih menakutkan karena sangat cepat merambat dan api juga cukup besar.

“Kalau sekarang kan banyak relawan dan pemadamnya, pemerintah juga lebih peduli jadi kami tetap yakin api tidak sampai ke rumah kami,” kata Suwarni.

Suwarni menambahkan semua penduduk di sekitar pos pendakian Cemoro sewu juga tidak ada yang mengungsi. Namun tetap siaga dan cepat keluar rumah jika api membesar.

“Nggak ada yang mengungsi, kami tetap di rumah,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge