0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Separuh Peneriman KIP di Wonogiri Sudah Cair

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Siswanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Pemkab Wonogiri melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mulai mencairkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Namun program andalan Presiden Jokowi ini baru dicairkan sekitar sekitar 50 persen. Rencananya, proses pencairannya dilakukan sebanyak lima tahap khusus untuk siswa SD.

“Jumlah penerima KIP di Wonogiri ada sekitar 78 ribu orang. Saat ini kami sudah ada 36 ribu KIP untuk siswa SD. Proses pengambilan uangnya nanti, ke setiap bank yang ditunjuk,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto, Senin (26/10).

Menurut dia, syarat untuk menjadi siswa pemegang KIP ini, minimal masuk dalam keluarga yang telah terdaftar dalam Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Apabila dana tersebut masuk ke bank, pihak bank akan memberitahukan kepada Dinas Pendidikan. Setelah itu, dinas akan memberitahukan ke masing-masing sekolah. Selanjutnya sekolah akan memberitahukan kepada orang tua atau wali murid.

Sedangkan jumlah siswa penerima KIP untuk SMP dan SMA di Kabupaten Wonogiri hampir sama dengan jumlah siswa penerima KIP untuk SD, yakni sekitar 70.000 siswa. Namun, pihaknya belum bisa merinci seberapa banyak siswa SMP dan SMA yang telah mencairkan KIP tersebut. Selain KIP, pemerintah juga menerapkan program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge