0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasutri di Klaten Ini Gelar Hajatan Mantu Jin

timlo.net/aditya wijaya

Pasutri Lasiyem dan Wardi yang menggelar hajatan mantu jin

Klaten — Masyarakat Dukuh Krajan, Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah, Minggu (25/10), dibuat gempar. Pasalnya pasangan suami istri (pasutri) warga setempat, Wardi Siswanto (64) dan Lasiyem (64) menikahkan anak gaibnya Hartiyem dengan jin lainnya dari wilayah Pantai Selatan, Joko Purnomo.

“Pernikahan ini kami lakukan setelah Hardiyem meminta dinikahkan dengan jin yang bernama Joko Purnama. Dia (Joko) jin anak ratu laut kidul,” ujar Lasiyem, Minggu (25/10).

Seperti layaknya orang punya hajatan mantu, puluhan warga masyarakat sekitar berbondong-bondong menghadiri undangan sekaligus penasaran menyaksikan bagaimana prosesi pernikahan yang dianggap tak wajar ini.

Dalam prosesi pernikahan gaib itu dipimpin oleh modin atau Kaur Kesra setempat, Tukimin (55). Sebagai mediasi mempelai putri Hartiyem dilakukan Mbah Lasiyem dan sebaliknya mempelai putra, Joko Purnomo, dilakukan suaminya, Mbah Wardi. Dengan bacaan Surat Al Fatehah dan bacaan dua Kalimat Syahadad prosesi pernikahan gaib ini dinyatakan sah.

Atiku wis plong, seneng, bungah wis isoh ngleksanakke nikahke anakku. (Hati saya sudah merasa senang dan bahagia sudah melaksanakan menikahkan anaknya),” imbuh Lasiyem usai ijab kabul.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Purwanto (51) mengaku, awalnya sempat ragu untuk mendatangi undangan hajatan pernikahan gaib tersebut.

“Awalnya saya sempat ragu datang ke undangan, takutnya ada apa-apa dan kena imbas. Namun berhubung banyak tetangga yang ingin datang , ya akhirnya saya datang juga,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge