0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jejaring Kota Kreatif Dideklarasikan, Konsolidasi Jadi Agenda Pertama

timlo.net/daryono

Deklarasi ICCN di Tugu Pemandengan

Solo — Tugu Pemandengan yang terletak di depan Balaikota Solo, menjadi saksi Deklarasi Jaringan Kota Kreatif Indonesia atau Indonesian Creative Cities Network (ICCN), Minggu (25/10). Deklarasi ditandai dengan pembacaan hasil konferensi selama dua hari oleh fasilitator dan tim perumus konferensi dan dilanjutkan penyerahan hasil konferensi kepada Ketua Jaringan Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia.

“Ide untuk membentuk jaringan kabupaten/ kota kreatif ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Prosesnya, di Solo, kita berproses kurang lebih tiga tahun. Untuk konferensinya sendiri kita rencanakan kurang lebih satu tahun terakhir,” kata Fasilitator dan salah satu tim perumus konferensi, Gustaf Hariman Iskandar, saat ditemui wartawan, usai deklarasi.

Kedepan, lanjut Gustaf, jaringan kabupatane/kota ini sudah dapat mandat yang harus segera dikerjakan. Pertama, tim formatur yang sudah dibentuk harus segera membentuk struktur lembaga dan meresmikan lembaga menjadi organisasi berbadan hukum. Kedua, lembaga nanti akan menjadi mitra bagi pemerintah dan pihak terkait untuk mendorong dan mendukung potensi kreatif di masing-masing kabupaten/kota.

“Ketiga, tugasnya juga mengimplementasikan program-program yang sudah dibahas secara panjang lebar oleh peserta konferensi. Salah satu agendanya menyelenggaran konferensi jaringan kota kreatif 2016 di Malang,” beber Gustaf yang aktif di Common Room, Bandung ini.

Hasil konferensi, ujar Gustaf, juga memberikan catatan penting yang berisi rekomendasi kebijakan kepada pemerintah. Konferensi juga merekomendasikan program dan instrumen untuk melakukan assasment.

Gustaf menambahkan, deklarasi dan konferensi kota kreatif sukses digelar tidak lepas dari dukungan banyak pihak. Keberhasilan itu juga tidak lepas dari peran Pemkot Solo dan Bandung yang sudah membuat program poros Bandung – Solo, setahun terakhir ini. Program itu kemudian didukung kota lainya seperti Denpasar, Semarang, Jogja dan beberapa kota lainnya.

Ketua Jaringan Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia, Paulus Mintarga mengungkapkan, sebagai langkah awal, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal dan eksternal.

“Kedalam, kita konsolidasi dengan quadroholic. Keluar, kita konsolidasi dengan tujuh kota yang mewakili beberapa pulau di Indonesia,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge