0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jakarta Mendung Asap, Kemenhut : Itu Polusi Udara, Bukan Kebakaran Hutan

merdeka.com

Ilustrasi Kabut Asap

Timlo.net — Cuaca Jakarta Minggu (25/10) sedikit mendung. Jika sebelumnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Jakarta diselimuti asap, imbas dari kebakaran lahan di Sumatera dan Kalimantan. Pernyataan berbeda datang dari Kepala Pusat Humas Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Eka Sugiri.

“Kemungkinan besar berasal dari polusi udara,” kata Eka ketika ditanyai oleh wartawan di acara diskusi Energi Kita di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (25/10).

Meski begitu, dia mengatakan tetap tak menutup kemungkinan asap kebakaran hutan dari Kalimantan dan Sumatera memang terbawa ke Jakarta.

“Sebelum terjadi kebakaran pun gelap. Nanti kita cek dulu dari mana asapnya. Apakah betul dari Kalimantan dan Sumatera,” bebernya.

Dirinya menjelaskan kalau tren angin sebetulnya membawa asap kebakaran hutan ke arah Thailand, Singapura dan Malaysia. Dirinya memperkirakan kabut asap yang ke Jakarta kemungkinan bukan dari kebakaran hutan dan lahan.

BNPB menilai fenomena awan di Jakarta tadi pagi bersifat temporer, yang mudah berubah setiap saat tergantung pada arah dan kecepatan angin.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge